Perbaikan Sistem Penggerak Clarifier di Kawasan Industri Kendal
Perbaikan Sistem Penggerak Clarifier di Kawasan Industri Kendal

Perbaikan Sistem Penggerak Clarifier di Kawasan Industri Kendal

-
Perbaikan Sistem Penggerak Clarifier di Kawasan Industri Kendal

Clarifier adalah peralatan yang digunakan untuk memisahkan padatan dari cairan dalam suatu sistem. Fungsi utama clarifier adalah untuk mengendapkan padatan yang terdapat dalam air limbah atau air baku, sehingga air yang keluar dari clarifier menjadi lebih jernih dan dapat digunakan kembali. Clarifier sering digunakan dalam industri pengolahan air limbah, pengolahan minyak dan gas, dan industri kimia.

Clarifier bekerja dengan memperlambat laju aliran air limbah atau cairan yang mengandung padatan yang akan diendapkan. Pada saat laju aliran air limbah melambat, padatan yang terkandung dalam cairan tersebut akan mengendap ke bawah dan terkumpul di dasar clarifier. Cairan yang sudah jernih akan keluar dari clarifier melalui pipa yang terletak di bagian atas clarifier.

Selain untuk memisahkan padatan dari cairan, clarifier juga dapat digunakan untuk memisahkan minyak dari air. Clarifier untuk memisahkan minyak dari air biasanya menggunakan prinsip koalesensi, yaitu dengan mengumpulkan minyak menjadi bola-bola besar sehingga mudah dipisahkan dari air.

Bagian-bagian Clarifier

Clarifier terdiri dari beberapa bagian utama, antara lain:

Tangki:

Merupakan bagian utama dari clarifier, di mana proses pengendapan terjadi. Tangki ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap korosi, seperti beton bertulang atau baja.

Inlet:

Merupakan bagian di mana air limbah atau cairan yang mengandung padatan masuk ke dalam clarifier. Inlet ini biasanya dilengkapi dengan sistem pembagian aliran, agar aliran air yang masuk ke dalam tangki dapat didistribusikan secara merata di seluruh area tangki.

Rake arm:

Merupakan bagian yang berfungsi untuk mengumpulkan padatan yang sudah mengendap di dasar tangki. Rake arm ini biasanya dilengkapi dengan penggerak otomatis, sehingga dapat menggerakkan pengumpul padatan ke arah pusat tangki.

Skimmer:

Merupakan bagian yang berfungsi untuk mengambil minyak yang mengapung di permukaan air. Skimmer ini biasanya terdiri dari pipa atau saluran yang berada di dekat permukaan air, yang kemudian minyak tersebut dialirkan ke tangki penyimpanan.

Outlet:

Merupakan bagian di mana air yang sudah jernih keluar dari clarifier. Outlet ini biasanya terletak di bagian atas tangki, dan dilengkapi dengan sistem pengaturan level air agar ketinggian air di dalam tangki tetap stabil.

Control panel:

Merupakan bagian yang berfungsi untuk mengontrol seluruh proses operasi clarifier, seperti pengaturan kecepatan rake arm, pengaturan level air, dan pengaturan kinerja skimmer. Control panel ini biasanya dilengkapi dengan sensor dan instrumen pengukur, seperti sensor level air dan sensor kecepatan rake arm, untuk memastikan bahwa clarifier bekerja dengan optimal.

Penyebab Kerusakan Clarifier Pada Umumnya

Kerusakan pada clarifier dapat terjadi karena berbagai faktor, termasuk faktor lingkungan, pengoperasian yang tidak tepat, atau kerusakan mekanis pada bagian-bagian clarifier. Beberapa kerusakan yang umum terjadi pada clarifier antara lain:

Tumpukan padatan yang berlebihan:

Jika padatan yang mengendap di dasar clarifier terlalu banyak, maka dapat menyebabkan pengurangan kapasitas tangki dan bahkan kerusakan pada pompa pengalir.

Tumpukan minyak yang berlebihan:

Jika skimmer pada clarifier tidak berfungsi dengan baik, maka minyak yang mengapung di permukaan air dapat menumpuk dan mengurangi kinerja clarifier.

Tersumbatnya saluran pipa:

Jika pipa pembuangan pada clarifier tersumbat oleh padatan atau minyak yang mengendap, maka cairan yang keluar dari clarifier akan terhambat dan dapat menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian clarifier yang lain.

Kerusakan pada scraper atau raker:

Jika rake arm atau blade pada scraper mengalami kerusakan, maka pengumpulan padatan di dasar tangki tidak dapat dilakukan dengan baik, yang dapat mengurangi kinerja clarifier.

Korosi pada bagian-bagian clarifier:

Jika bagian-bagian clarifier terbuat dari bahan yang tidak tahan terhadap korosi, seperti besi atau baja ringan, maka bagian-bagian tersebut dapat mengalami kerusakan atau korosi dan mempengaruhi kinerja clarifier.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan yang rutin pada clarifier, seperti membersihkan bagian-bagian clarifier, memeriksa kinerja scraper dan skimmer, serta memastikan pipa pembuangan tidak tersumbat. Hal ini dapat memperpanjang umur dan meningkatkan kinerja clarifier secara keseluruhan.

Contoh Kasus yang Kita Tangani di Kawasan Industri Kendal

Pada kali ini kita mendapati kasus dimana sistem penggerak clarifier di Kawasan Industri Kendal ini tidak bisa bergerak. Dan setelah tim kami lakukan pengecekan, didapati bahwa penyebabnya itu diakibatkan oleh gearbox reducer yang macet. Sehingga perlu untuk dilakukan pembongkaran untuk memastikan kembali penyebab macetnya gerabox.

Untuk langkah awal yang harus dilakukan yautu melepas motor dari gearbox terlebih dahulu. Dan hal ini kebetulan sudah kita lepas bersamaan untuk pengecekan awal penyebab macet, karena mungkin bisa saja yang macet dari motornya.

Selanjutnya karena gearbox ini menyatu dengan as roda penggerak maka perlu dilakukan pelepasan roda terlebiih dahulu untuk mempermudah proses pelepasan gearbox.

Namun karena as roda dengan gearbox sudah terlanjur menyatu karena karat, akhirnya terpaksa harus melepas sebagian dari jembatan akses. Kemudian dibawa ke bengkel untuk dipanaskan supaya lebih untuk melepaskan sambungan keduanya karena karat.

Setelah berhasil melepaskan gearbox dengan as roda dan sebagian penopang jembatan jalan, baru gearbox bisa dilakukan pembongkaran. Dan ternyata ditemukan patahan gear yang menyebabkan gearbox itu macet.

Sebenarnya bisa saja untuk dilakukan pembuatan gear pengganti, namun karena pihak terkait ingin agar clarifier bisa secepatnnya berjalan lagi, akhirnya diputuskan untuk melakukan pergantian dengan gearbox yang baru.

Karena gearbox lama sudah lepas dengan as roda, sehingga pergantian gearbox yang baru ini tidak mengalami banyak kesulitan semuanya tinggal plug n play sehingga pemasangan kembali ke tempat semula bisa selesai dengan cepat.

PT. Yuan Adam Energi

Kami menyediakan semua kebutuhan peralatan untuk pengolahan air limbah, mulai dari sistem aerasi ada mesin root blower, ring blower dan diffuser kita juga ada model membran disc maupun tube diffuser, selain itu kita juga ada produk diffuser yang sedang viral saat ini yaitu diffuser model ecorator dari Jepang.

Selanjutnya untuk sistem dewatering, kita ada mesin filter press, belt press, screw press, dan sistem yang paling terbaru ada decanter. Dan kita juga menyediakan segala macam kebutuhan pompa-pompa terkait.

Silahkan jika Anda sedang membutuhkan terkait peralatan IPAL langsung saja hubungi kontak yang sudah tertera di website ini.

Diperbarui
Perbaikan Sistem Penggerak Clarifier di Kawasan Industri Kendal

Perbaikan Sistem Penggerak Clarifier di Kawasan Industri Kendal